HAL-HAL YANG MENDASARI ADANYA IMK
Yang mendasari adanya
IMK adalah karena kebutuhan manusia untuk berinteraksi dengan computer
yaitu emnggunakan sejumlah menu maupun teks.atau juga bias menggunakan
alat bantu masukan(input),yang berupa nouse ataupun keyboard.dan juga
memerlukan alat bantu keluaran(output unit),yang dimana data-data tersebut
dapat disimpan dalam media penyimpanan yang biasa disebut memori unit.
Prinsip kerja
komputer = input – proses – output.Kepada komputer diberikan data yang umumnya
berupa deretan angka dan huruf. Kemudian diolah didalam komputer yang menjadi
keluaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia.
Tanpa disadari kita
(manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah benda (layar
monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang
ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.
Yang kemudian hasil
inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti
diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar
monitor atau bahkan mesin pencetak (printer).
Manusia pada umumnya
tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu
melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada monitor/printer sebagai
keluaran.
Manusia jarang sekali
menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia barumenyadari proses
interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi
pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang inovatif,
kurang menarik, kurang komunikatif.
Interaksi
bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer.
Model
atau jenis interaksi, antara lain :
1.
Command line interface (perintah baris tunggal)
2.
Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh :
hampir semua software menggunakan menu
3.
Natural language (bahasa alami)
contoh :
bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
4.
Question/answer and query dialogue
contoh :
mysql, dbase interaktif, dll
5.
Form-fills and spreadsheets
contoh :
excel, lotus, dll
6. WIMP
- Windows
Icon Menu Pointer
- Windows
Icon Mouse Pulldown Menu
yang
termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll
II.ILMU YANG TERKAIT DENGAN IMK
1.
Teknik elektronika & ilmu komputer =memberikan kerangka kerja untuk dapat
merancang sistem HCI
2.
Psikologi
memahami
sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik
pengguna
3.
Perancangan grafis dan tipografi
sebuah
gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai
sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer
4.
Ergonomik
berhubungan
dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal :
bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk,
pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja
5.
Antropologi
ilmu
pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja
berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai
dengan bidangnya
6.
Linguistik
merupakan
cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan
sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis,
bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
7.
Sosiologi
studi
tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya
PHK karena adanya otomasi kantor.
III.DEFINISI IMK
Bidang
ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang
bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang
interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.
•
Pengertian Interaksi = komunikasi 2 arah antara manusia (user) dan sistem
komputer.
Interaksi
menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulan dan respon
(aksi & reaksi) yang saling mendukung, jika salah satu tidak bisa, maka
interaksi akan mengalami hambatan atau bahkan menuju pembiasan tujuan.
•
Definisi interaksi manusia dan komputer
= sebuah
hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu
untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang
bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
• Prinsip
kerja komputer = input ????proses ????output
Kepada
komputer diberikan data yang umumnya berupa deretan angka dan huruf.Kemudian
diolah didalam komputer yang menjadi keluaran sesuai dengan kebutuhan dan
keinginan manusia.
Tanpa
disadari kita (manusia/user) telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah
benda (layar monitor), yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka
dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse.
Yang
kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang
seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada
layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer)
• Manusia
pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke
dalam kotak cpu melalui keyboard. Manusia (user) selalu terfokus pada
monitor/printer sebagai keluaran.
• Manusia
jarang sekali menyadari proses interaksi dengan komputer. Manusia baru
menyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan
solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antarmuka yang kurang
inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif.
•
Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan komputer.
Model
atau jenis interaksi, antara lain :
1. Command
line interface (perintah baris tunggal)
contoh :
unix, linux, dos
2.
Menu (menu datar dan menu tarik)
contoh :
hampir semua software menggunakan menu
3.
Natural language (bahasa alami)
contoh :
bahasa pemrograman terstruktur (belum objek)
4. Question/answer
and query dialogue
contoh :
mysql, dbase interaktif, dll
5.
Form-fills and spreadsheets
contoh :
excel, lotus, dll
6.
WIMP
- Windows
Icon Menu Pointer
- Windows
Icon Mouse Pulldown Menu
yang
termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes, pallettes, dll
jadi
secara garis besar IMK itu adalah sebuah interaksi antara manusia(user) dengan
computer yang menggunakan beberapa dan berbagai macam aplikasi yang bisa
digunakan untuk melakukan suatu pekerjaan yang sedang dilakukan oleh
manusia.contoh pekerjaan yang sering digunakan oleh manusia yang dikerjakan
oleh computer adalah membuat suatu pekerjaan menulis ataupun pekerjaan kantor.
IV.MENGAPA KITA BUTUH IMK
Kita
butuh IMK adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu
pekerjaan.serta bisa membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak
membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
Dan untuk
mahasiswa IT,kita bisa membuat aplikasi ataupun program dengan cepat
dikarenakan kita memakai aplikasi yang memiliki interaksi yang mudah dipakai
dan dimengerti.
Human-Computer Interface (Hubungan Manusia dengan Komputer)
Pada
awalnya pengembangan komputer lebih difokuskan pada peningkatan kemampuan dan
kecanggihan peralatan komputer, sedangkan dari aspek manusia sebagai user
kurang diperhatikan.hal-hal sederhana seperti kenyamanan dan kemudahan dalam
menggunakan komputer jarang diperhatikan.Pada kenyataan sebenarnya, faktor
brainware sangat mempengaruhi kinerja sistem komputer itu sendiri. Apabila
suatu teknologi lebih mudah dimengerti oleh user maka user dapat menggunakan
teknologi itu dengan maksimal.Oleh karena itu, faktor interaksi
manusia–komputer pun menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk
dipertimbangkan.Pada kondisi dewasa ini, IMK mulai mendapatkan perhatian dari
para perancang sistem.Aspek hubungan manusia-komputer mulai dipandang sebagai
aspek penting.IMK mulai berkembang setelah PD II.Mula-mula ilmu yang berkaitan
adalah biomekanik, antropometri, penelitian mengenai penglihatan, kemudian
bergeser ke arah prinsip-prinsip pengembangan representasi informasi.
Dalam perkembangan bidang-bidang kegiatan lain yang berhubungan dengan kajian IMK adalah:
Ilmu komputer sebagai kerangka dasarnya.
Psikologi menyangkut tingkah laku, persepsi, dan pemrosesan kognitif user
Ergonomi (human aspect), melihat aspek-aspek titik kenyamanan user sewaktu menggunakan sistem.
Kebebasan melihat komunikasi antara user-sistem.
Sosiologi, meminjam dampak sistem manusia-mesin pada sistem kemasyarakatan.
Antropologi, mengamati interaksi sekelompok manusia dengan mesin.
Desain grafis, mengikuti tuntutan user yang semakin lebih suka menggunakan grafis sebagai antarmuka dengan mesin.
Dalam perkembangan bidang-bidang kegiatan lain yang berhubungan dengan kajian IMK adalah:
Ilmu komputer sebagai kerangka dasarnya.
Psikologi menyangkut tingkah laku, persepsi, dan pemrosesan kognitif user
Ergonomi (human aspect), melihat aspek-aspek titik kenyamanan user sewaktu menggunakan sistem.
Kebebasan melihat komunikasi antara user-sistem.
Sosiologi, meminjam dampak sistem manusia-mesin pada sistem kemasyarakatan.
Antropologi, mengamati interaksi sekelompok manusia dengan mesin.
Desain grafis, mengikuti tuntutan user yang semakin lebih suka menggunakan grafis sebagai antarmuka dengan mesin.
Faktor-faktor
penting dalam interaksi manusia-komputer antara lain:
Kinerja manusia
Kinerja manusia
Dalam hal
ini mmenyangkut karakteristik dasar manusia dan keterbatasannya seperti
fleksibilitas, ketrampilan, kesalahan, kecepatan, dll.Beberapa aspek khusus
tentang ini adalah pemilihan (seperti memodelkan pengguna), pelatihan (misalnya
dalam pengambilan keputusan), user support (seperti problem solving).
Kinerja sistem komputer
Kinerja sistem komputer
Karakteristik
dasar dan keterbatasan sistem dengan memandang aspek khusus berkaitan dengan
IMK seperti fasilitas bahasa, waktu respon sistem, sekuritas.
Antarmuka perangkat keras
Antarmuka perangkat keras
Display,
kontrol, terminal, aplikasi ergonomi untuk desain workstation yang baik,
kebutuhan manusia dan peralatan-peralatan baru.
Antarmuka perangkat lunak
Antarmuka perangkat lunak
Media
komunikasi non-perangkat keras, aspek IMK dari sistem linguistik dan bahasa,
organisasi informasi.
Lingkungan
Lingkungan
Fisik:
ruang workstation dan layout-nya, pencahayaan, suara, dsb. Psikologikal:
pengaruh kelompok kerja, struktur pekerjaan (seperti shift kerja), struktur
sistem (open / closed, rigid / flexible, dsb), keadaan sosial dan desain
organisasi.
Aplikasi spesifik
Aplikasi spesifik
Pengguna
spesialis, bisnis, naif, sistem publik.
Problem spesialPengaruh IMK pada desain pekerjaan dan organisasi, serta masyarakat, privasi informaasi personal, kasus-kasus khusus, dokumentasi dan bantuan-bantuan lain, dsb.
Problem spesialPengaruh IMK pada desain pekerjaan dan organisasi, serta masyarakat, privasi informaasi personal, kasus-kasus khusus, dokumentasi dan bantuan-bantuan lain, dsb.
Pengembangan
suatu sistem komputer harus dapat melakukan komunikasi yang nyaman dan
mudah.Kendala yang sering terjadi disebabkan perilaku user yang tidak dapat
dipastikan.Beberapa karakteristik manusia yang mempengaruhi interaksi manusia
dengan sistem komputer, yaitu:
Operasi Dedicated / casual (apakah operasi yang dihadapi itu terus menerus atau bersifat satu kali penggunaan) jenis pekerjaan
Mampu / tidak mampu melakukan pemrograman
Memiliki daya intelegensia tinggi / kurang
Terlatih / tidak terlatih
Aktif / pasif (aktif maksudnya memulai interaktif, berinisiatif)
Lingkungan pekerjaan bertekanan atau tidak bertekanan (underpressure / dead line atau tanpa tenggat waktu)
Perbedaan usia yang mempengaruhi perbedaan pengalaman, pengetahuan, kemampuan belajar dan adaptasi, kemampuan fisik
Perbedaan personalitas pengguna
Operasi Dedicated / casual (apakah operasi yang dihadapi itu terus menerus atau bersifat satu kali penggunaan) jenis pekerjaan
Mampu / tidak mampu melakukan pemrograman
Memiliki daya intelegensia tinggi / kurang
Terlatih / tidak terlatih
Aktif / pasif (aktif maksudnya memulai interaktif, berinisiatif)
Lingkungan pekerjaan bertekanan atau tidak bertekanan (underpressure / dead line atau tanpa tenggat waktu)
Perbedaan usia yang mempengaruhi perbedaan pengalaman, pengetahuan, kemampuan belajar dan adaptasi, kemampuan fisik
Perbedaan personalitas pengguna
Teknik-teknik
yang dapat digunakan dalam perancangan user interface agar lebih efektif,
antara lain:
Menu
Pengisian formulir
Bahasa perintah
Bahasa alami
Manipulasi langsung
Pengisian formulir
Bahasa perintah
Bahasa alami
Manipulasi langsung
Dalam
memilih teknik apa yang akan digunakan perlu diperhatikan faktor-faktor berikut:
Siapa pemakai sistem
Banyaknya aplikasi yang diterapkan pada komputer yang sama
Komunikasi dalam jaringan
Kerumitan pekerjaan sistem
Panjang operasi
Urutan operasi
Akurasi
Sumber masukan
Banyaknya aplikasi yang diterapkan pada komputer yang sama
Komunikasi dalam jaringan
Kerumitan pekerjaan sistem
Panjang operasi
Urutan operasi
Akurasi
Sumber masukan
Faktor-faktor lain seperti: harga, hardware, kerumitan implementasi, dll.
Dalam
konteks interaksi, ada aturan yang dikenal dengan nama ‘7 Golden Rules’, yaitu:
Konsistensi
Konsistensi
Keharmonisan kombinasi dengan ekspresi yang singkat tapi powerfull, misalnya:
singkatan perintah
macro-command
cut & paste
undo-redo
nilai standar (default)
Mengurangi beban kognitif
Interaksi yang dikendalikan user
Fleksibel
Dialog terstruktur
Error Handling
Tidak ada komentar:
Posting Komentar