Minggu, 18 November 2012

BITDEFENDER USB IMMUNIZER

BITDEFENDER USB IMMUNIZER
 
 
Bitdefender adalah salah satu provider antivirus milik Rumania yang cukup bagus dalam pendeteksian virus. Bitdefender didirikan pada tahun 2001 oleh Florin dan Mariuca Talpes. Bitdefender berkantor pusat di Bucharest,Rumania dan saat ini sudah memiliki 4 anak perusahaan di USA,UK,Spain dan Germany. Situs web resmi Bitdefender yaitu www.bitdefender.com
 
Bitdefender memliki banyak produk seperti Bitdefender Anti Virus, Bitdefender Internet Security, Bitdefender Total Security dan yang akan kita bahas yaitu Bitdefender USB Immunizer.
 
 
Latar Belakang Bitdefender USB Immunizer
 
Selama bertahun-tahun, malware yg berbasis Autorun menjadi ancaman yang cukup populer, dengan varian-varian yang banyak seperti Tojan.Autorun.inf, worm Conficker (Win32.Worm.Downadup) atau Worm.Autorun.VHD yang berbahaya krn penyebarannya melalui media USB. Fitur Autorun di Windows sudah dikenal sejak era Windows XP utk memfasilitasi instalasi dari media2 CD-ROM bagi user-user komputer yg non-teknis & menjadi 'penyebar' banyak infeksi di internet. Karena itu, pihak BitDefender meresponnya dgn merilis tool BitDefender USB immunizer tepatnya pada bulan april 2011, yg garis besarnya terbagi atas 2 fungsi:
 
 
Immunize Option yang bisa digunakan untuk melindungi device storage USB atau SD card user dlm melawan infeksi-infeksi dan malware-malware berbasis fitur autorun Windows. Bahkan walaupun device storage user sudah tercolok ke komputer yg terinfeksi, malware-malware tersebut tidak akan bisa membuat file "autorun.inf"-nya sebagai vektor infeksinya jadi sulit untuk malware-malware tersebut untuk menginfeksi USB user.
 
Immunize Computer Slider yang bisa user pakai untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur autorun media-media removable user (kecuali media-media fixed sprti CD/DVD-ROM). Jika user secara tidak sengaja memasang drive USB yg terinfeksi yg belum di'imunisasi', maka komputer tidak akan menjalankan bagian malware yg ada dlm USB tsb.
 
Cara Kerja Bitdefender USB Immunizer
 
BitDefender USB Immunizer mempunyai fitur-fitur yg sistem kerja utamanya dgn membuat sebuah folder 'Autorun.inf' dalam drive USB user yg sifatnya hidden dan tidak bisa 'ditembus' oleh virus. USB Immunizer juga akan mengecek setting sistem user yang berkaitan dgn fitur autorun Windows & akan memperingatkan user untuk mematikan fungsi yang rawan tersebut. Sangat mudah untuk disable fitur autorun dengan USB Immunizer cukup dengan sekali klik.
 
Penjelasan Singkat Mengenai Virus Autorun
 
Virus tidak lain adalah program layaknya, Photosop, mozilla, Ms. word, dan program lainnya. yang membedakan virus dan program- program tersebut adalah fungsinya. Jika fungsi program-program tersebut antara lain mengedit image atau gambar, membuat dokumen, dan berowsing. berbeda dengan Fungsi virus, Virus fungsi utamanya adalah untuk tujuan tujan negatif seperti menghapus file, merusak sistem, dan tujuan negatif lainnya.
 
Perbedaan lain dari virus dan program lainnya adalah biasanya virus memiliki kemampuan auto run dan auto copy. auto run artinya virus itu dapat berjalan sendiri dikomputer kita tanpa harus kita install, sedangkan auto copy artinya virus dapat memperbanya diri.
 
Autorun atau autoplay merupakan fasilitas di sistem operasi yang berfungsi menjalankan file secara otomatis ketika media seperti CD-ROM, DVD-ROM, Flash disk dan lainnya di masukkan/pasang di komputer. Sehingga ketika berbagai media tersebut dimasukkan, tanpa kita menjalankan apapun, ada program yang akan otomatis berjalan sendiri. Fitur ini biasa dimanfaatkan dalam CD Driver yang disertakan ketika membeli motherboard / VGA. Tetapi saat ini tidak dipungkiri malah dimanfaatkan sebagai media penyebar virus, terutama melalui flashdisk. Apalagi dengan penggunaan flashdisk yang sudah seperti jamur di musim hujan.
 
Sedangkan file Autorun.inf sendiri merupakan file yang berisi instruksi tertentu, tentang apa yang otomatis dijalankan ketika media seperti flashdisk/CD dimasukkan ke komputer. Instruksi ini dapat berupa perintah untuk menjalankan file exe.
 
Kelebihan Bitdefender USB Immunizer
  • Simpel dan mudah digunakan
  • Size aplikasinya kecil
  • Memiliki fitur Immunize Computer Slider yang berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan autorun dengan cukup sekali klik.
  • Memiliki fitur Notification Immunizer
Kekurangan Bitdefender USB Immunizer
  • Tidak bisa digunakan pada media-media fixed seperti CD/DVD-ROM
 
Referensi :
 
www.bitdefender.com
 
http://labs.bitdefender.com/projects/usb-immunizer/overview/
 
http://en.wikipedia.org/wiki/BitDefender
 
http://www.soft-games-movies.com/2011/08/bitdefender-usb-immunizer-1501.html
 
http://ebsoft.web.id/mengenal-lebih-dekat-autorun-inf/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar